Perbedaan antara Singular dan Plural Noun Dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya



Hi guys! pada kesempatan kali ini kitaakan membahas tentang perbedaan antara singular dan plural noun dalam bahasa Inggris. Nah langsung aja kita lihat penjelasannya dibawah ini.


Singular noun 

Jadi, apa sih yang dimaksud dengan singular noun dalam bahasa Inggris? jadi, secara singkat singular noun adalah kata benda tunggal, yang jumlahnya hanya satu.

Lalu, gimana sih caranya buat tahu kalau jumlah benda yang dimaksud itu cuman 1? Mari kita sama-sama simak dibawah ini::

Pertama: Kita bisa mengetahui kata itu sebagai singular jika terdapat kata "a"  sebelum sebelum kata benda.


Contoh: I have a cat - Aku mempunyai seekor kucing.

Kedua: Selain hurus "a" terdapat juga huruf "an" yang menandakan bahwa kata benda tersebut bersifat tunggal. Namun huruf an hanya bisa digunakan jika kata kata benda tersebut diawali huruf vokal a,i,u,e,o

Contoh: I have an apple - Aku mempunyai sebuah apel.

 Plural noun

Singkatnya, plural noun adalah kata benda yang jumlahnya lebih dari satu. Bisa dua, tiga, atau empat. Nah, bagaimana cara kita mengetahui kalau kata bedna itu masuj ke dalam plural noun?

Pertama: Kita bisa mengetahui jika kata benda tersebut masuk kedalam plural noun jika terdapat huruf "s" setelah kata benda tersebut.

Contoh: I have three books - Aku mempunyai tiga buku.
Kedua: Kita bisa mengetahui jika kata benda tersebut masuk kedalam plural noun jika terdapat huruf "es" setelah kata benda tersebut. Tidak semua kata benda bisa diberi imbuhan "es", hanya kata benda dengan akhiran -sh, -ch, -ss, dan -x saja yang bisa menggunakan imbuhan "es".

Contoh: I had watched two football matches yesterday. - Aku telah menonton dua pertandingan sepakbola kemarin.
Ketiga: Kita bisa mengetahui jika kata benda tersebut masuk kedalam plural noun jika terdapat imbuhan "ies" setelah kata benda tersebut. Kata imbuhan "ies" hanya bisa ditambahkan pada kata benda yang belakangnya berakhiran "y" . 

Contoh: I live in two different cities. - Aku tinggal di dua kota yang berbeda.
Keempat: Kata benda yang berakhiran "-fe/f" diubah menjadi ves.

Contoh: A knife - Two knives (Sebuah pisau - Dua pisau)
Kelima: Jika kata benda tersebut berakhiran "o", dan ditambah imbuhan "oes".

Contoh:  I eat two potatoes
Keenam: Beberapa kata menggunakan bentuk irreguler dan bisa dikatan sebagai kata plural.

Contoh: Men, children, women, feet, mice, geese.

Sekian artikel tentang perbedaan antara singular dan plural noun dalam bahasa Inggris. yang bisa kira bahas kali ini. Semoga bisa bermanfaat untukmu. Silahkan share artikel ini jika kamu merasa temanmu membutuhkan artikel untuk belajar, 


3 Comments