Cara Mengatasi kurang Percaya diri Ketika Berbicara Dalam Bahasa Inggris

Cara mengatasi kurang percaya diri speaking bahasa inggris
Cara mengatasi kurang percaya diri speaking bahasa inggris


Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Maka dari itu, tak heran banyak orang berlomba-lomba untuk mempelajari Bahasa Inggris agar mereka dapat berkomunikasi dengan orang dari berbagai negara. Berbagai cara dilakukan agar mereka dapat menguasai bahasa inggris, seperti mengikuti kursus, atau belajar secara otodidak.

Dari sekian banyak orang yang belajar bahasa inggris. Beberapa "masalah" ketika belajar bahasa inggris terbesar adalah kurang percaya diri ketika ingin berbicara dalam bahasa inggris. Baik berbicara secara personal, ataupun berbicara di depan umum. Berbagai alasan pun dilontarkan mulai dari grogi, takut slaah penggunaan tata bahasa, ataupun takut jika lawan bicara tidak mengerti apa yang dikatakan.

Maka, pada postingan kali ini, Cara Belajar Bahasa Inggris akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi kurang PeDe ketika ingin berbicara dalam bahasa inggris. Oke, nampaknya tidak perlu basa- basi lagi. Langsung saja kita simak triknya dibawah ini:

  • Pelajari Ungkapan Sehari-hari

Cobalah pelajari berbagai ungkapan yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, mengatakan nama, umur, cara bertanya kepada orang lain, dan sebagainya. Mulailah untuk mempelajari ungkapan tersebut dan kemdudian praktikan. Itu akan sangat membantu karena akan melatih kemampuan berbicara.

  • Kalahkan Rasa Takutmu

Dalam bahasa inggris, penghalang utama dalam speaking adalah rasa takut. Baik rasa takut untuk memulai, ataupun rasa takut untuk salah. Jangan biarkan rasa takut itu menghambat progress mu untuk terus belajar. Keluarlah dari zona nyaman dan coba lawan rasa takut tersebut. Ketika kamu sudah terbiasa, maka rasa takut itu akan hilang dengan sendirinya.

  • Cobalah untuk juga berlatih listening 

Secara umum, sebuah percapakan tentu terdiri tadi minimal 2 orang, yaitu orang yang sedak berbicara dan kemudian lawan bicara. Sehingga kemampuan listening kamu juga harus ikut diasah. Jangan sampai ketika kamu sudah mampu berbicara dengan fasih namun saat lawan bicaramu mulai membalas percakapan tersebut dan kamu merasa bingung. 

  • Salah itu lumrah

Hampir berkaitan dengan poin nomor 2, kamu nggak usah khawatir untuk salah, ya namanya juga masih belajar. Bahkan, seorang native speaker pun tidak akan membully mu habis habis an hanya karena kamu salah kan? Lalu kenapa kamu masih takut untuk salah?

  • Materi Tambahan:

Cara Mengatasi Grogi Di Depan Umum (sumber: youtube)




Baiklah, Itu semua materi mengenai Cara Mengatasi kurang PeDe Ketika Ingin Berbicara Dalam Bahasa Inggris. Bagaimana, sudah mengerti kan gimana cara mengatasinya? Jangan lupa untuk terus belajar dan semoga materi ini dapat membantu kalian. See you!

Comments